Daftar Tempat Wisata Favorit dan Populer di Lumajang Jawa Timur

Wilayah Lumajang berbatasan dengan daerah yang memiliki alam pegunungan seperti Jember di sebelah timur, Malang di sebelah barat, Probolinggo di sebelah utara. Sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan samudra Hindia sehingga akan kita dapati banyak pantai.

Di Kabupaten Lumajang juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa anda kunjungi jika berkunjung, diantaranya akan kami bahas berikut ini :

RANU PANI


Lokasi: Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Bagi yang gemar mendaki Gunung Semeru, pasti kamu sudah tidak asing lagi mendengar nama Ranu Pani. Pasalnya telaga air yang berada di bawah kaki gunung ini merupakan basecamp awal pendakian bagi para pendaki yang ingin menaiki Gunung Semeru.

Ranu Pani sendiri merupakan sebuah telaga air yang berada di Bromo Tengger Semeru. Adapun telaga lainnya yang juga basecamp para pendaki, yaitu Ranu Kumbolo, Ranu Regulo. Ketiga tempat peristirahatan ini sangatlah cocok untuk tempat menginap sekaligus menikmati pemandangan air danau yang tenang.

RANU KUMBOLO


Ranu Kumbolo adalah sebuah danau air tawar yang menjadi tempat peristirahatan atau basecamp bagi para pendaki Gunung Semeru. Surga tersembunyi yang berada di ketinggian 2.400 mdpl memiliki air yang bersih dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, baik minum, cuci muka, dan lain sebagainya.

GUNUNG SEMERU


Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa yang hingga kini masih menjadi destinasi favorit bagi para pendaki. Gunung yang berada di kawasan pegunungan tengger ini memiliki ketinggian mencapai 3.676 di atas permukaan laut.

Meskipun gunung ini terbilang masih aktif, namun para pendaki masih sangat ramai dan antusias untuk mendaki Gunung Semeru ini. Salah satu alasannya mungkin karena gunung ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan memukau.

Salah satu tempat peristirahatan bagi para pendaki kebanyakan yaitu di danau Ranu Kumbolo. Ada hal penting yang mungkin perlu kamu ketahui jika sedang berada di kawasan danau ini. Di area Ranu Kumbolo terdapat larangan tidak boleh menangkap ikan, jika kamu tetap melanggarnya maka bersiaplah untuk menanggung akibatnya.

PUNCAK B29


Lokasi: Argosari, Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Puncak B29 sendiri merupakan sebuah objek wisata terkenal yang cukup unik yang memberikan kesan tersendiri. Pasalnya spot wisata yang sering disebut sebagai Negeri di Atas Awan ini menyajikan pemandangan yang indah dan memukau dari Puncak Bukit dengan ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut.

Hijaunya ladang para petani tentu dapat kamu lihat dari atas sana. Momen yang paling ditunggu-tunggu oleh wisatawan yakni ketika sunset dan sunrise tiba. Ya, momen yang sangat tepat untuk berfoto atau sekedar menikmati keindahan alam yang mempesona.

 TUMPAK SEWU


Lokasi: Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Berikutnya merupakan sebuah tempat wisata air terjun yang sangat sayang jika dilewati saat berada di Lumajang. Pasalnya tempat ini menyuguhkan panorama alam yang sangat indah dan alami.

Menurut pendapat wisatawan yang telah berkunjung ke sini, Tumpak Sewu sering disebut sebagai surga yang tersembunyi. Memang benar adanya, air terjun Tumpak Sewu yang mempesona seakan-akan dapat membius mata setiap orang yang melihatnya.

PANTAI BAMBANG

Ternyata Lumajang memiliki tempat wisata pantai dengan ciri khas ombak yang besar, yaitu tepatnya berada di Pantai Bambang. Ombak besar berlapis yang ada di pantai ini bisa mencapai 3 meter, dan pemandangan inilah yang menjadi ciri khas pantai selatan.


Lokasi: Bago, Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67372

Pantai Bambang sendiri lebih dikenal dengan tipe pantai yang berpasir. Pasir ini sendiri merupakan pasir yang berasal dari Gunung Bromo yang mengalir mengikuti aliran sungai. Ciri-ciri pasir tersebut yakni berwarna kehitam-hitaman.

Pantai ini diyakini oleh masyarakat sebagai tempat tinggal dari Nyi Roro Kidul, Ratu dari Pantai Selatan. Nah, dengan adanya mitos ini mungkin kamu bisa berhati-hati untuk tidak sembarangan melakukan apapun, baik dari perkataan, perbuatan, dan lain sebagainya.

ANTRUKAN MENJANGAN SENDURO


Lokasi: Desa Kandangan, Kecamatan, Senduro, Lumajang, Jawa Timur

Belum banyak orang yang tahu tentang apa Antrukan Menjangan dan di mana lokasinya. Makanya tidak heran kalau tempat ini lebih sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar saja. Ketinggian air terjun yang tersembunyi ini sekitar 70-80 meter.

Karena yang mengunjungi tempat wisata ini masih jarang, maka tentunya kebersihan dan keindahannya masih sangat terjaga. Meskipun jarak menuju ke objek wisata ini terbilang jauh, namun kalau kamu bisa menikmati perjalanannya sambil menikmati pemandangan alam sekitar, jauh pun tidak jadi masalah, kan?

PANTAI WATU GODEK


Lokasi: Desa Bulurejo, Kecamatan Tempursari

jika kamu sedang berlibur ke Lumajang, maka ada destinasi wisata yang sangat indah yang patut kamu kunjungi, yakni Pantai Watu Godek.

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh pantai ini adalah adanya sebuah batu berukuran besar yang menjulang tinggi sendirian yang berada di pinggir pantai. Bebatuan atau tebing ini terbentuk karena hantaman ombak pantai. Menurut masyarakat setempat, batu ini sangat sakral, sehingga mereka menamainya dengan Watu Gedek.

Pantai ini sendiri merupakan sebuah pantai yang memiliki pemandangan yang sangat indah dan memukau. Hijaunya perbukitan di sudut pantai seakan memberikan daya tarik bagi setiap orang untuk terus mengamatinya. Jika kamu sedang berada di pantai ini, mungkin kamu akan berdecak kagum karena melihat indahnya gulungan ombak.

PEMANDIAN ALAM SELOKAMBANG


Lokasi: Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten lumajang

Pemandian Selokambang merupakan tempat wisata pemandian yang memiliki daya pikat tersendiri bagi pengunjungwi. Air yang dingin dan menyegarkan di pemandian ini dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, seperti panu, gatal-gatal, dan lain-lain.

Air pemandian di Selokambang ini berasal dari sumber air yang mengalir dari bawah tiga pohon beringin yang berada di sisi barat tempat pemandian. Nah, area kolam pemandian untuk anak-anak sendiri berada di sebelah timur, sedangkan untuk orang dewasa berada di sebelah barat.

Menariknya, di tempat ini kamu tidak hanya dapat berendam di dalam air saja, namun ada beberapa wahana permainan yang bisa kamu coba. Selokambang menawarkan beberapa permainan yang menyenangkan, seperti permainan anak, flying fox, perahu dayung, dan masih banyak lagi. Tak membawa perbekalan cukup? Tenang, warung-warung makan tradisional di tempat ini bisa kamu andalkan.

KOLAM RENANG VETERAN


Lokasi: Jl. Veteran, Karangsari, Sukodono, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67316

Kolam renang di tempat ini memiliki luas sekitar 2 hektare dan biasa digunakan sebagai perlombaan, baik kabupaten maupun tingkat nasional. Kolam renang ini juga sering dipakai oleh anak-anak sekolah sebagai sarana les berenang. Bukan hanya harga tiket yang terjangkau, kebersihan di kolam renang ini juga sangat di utamakan oleh pengelola.

Itulah beberapa daftar pariwisata populer dan favorit di wilayah Lumajang Jawa Timur.

Belum ada Komentar untuk "Daftar Tempat Wisata Favorit dan Populer di Lumajang Jawa Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel