Kumpulan Mukjizat Nabi Ismail As Menurut Islam

Nabi Isma'il adalah seorang nabi dalam agama Islam. Isma'il adalah putera dari Ibrahim dan Hajar, kakak tiri dari Ishaq. Beliau diangkat menjadi nabi pada tahun 1850 SM. Beliau tinggal di Amaliq dan berdakwah untuk penduduk Al-Amaliq, bani Jurhum dan Qabilah Yaman. Namanya disebutkan sebanyak 12 kali dalam Al-Quran. Ia meninggal pada tahun 1779 SM di Mekkah.


Secara tradisional beliau dianggap sebagai "Bapak Bangsa Arab", sedangkan menurut Sa'id bin Yahya al Umawiy dalam kitabnya al Maghazi menuliskan bahwa Isma'il belajar bahasa Arab dari bangsa Arab yang singgah di Makkah dari kalangan di mana ia diutus sebagai nabi. Maka bisa diambil kesimpulan bahwa Isma'il bukanlah nenek moyang bangsa Arab.

Nama Ismail 11 kali disebut dalam Al-Qur'an dalam topik-topik seperti peristiwa pembangunan Ka'bah bersama Nabi Ibrahim as, penurunan wahyu kepadanya dan juga mengenangnya di samping nabi-nabi Allah lainnya, kelahirannya merupakan karunia dan anugrah dari Allah swt kepada Ibrahim dan juga penyebutan sifat-sifat baiknya termasuk salah satu hal yang patut dikenang.

Nabi Ismail memiliki Mukjizat diantaranya adalah :


  • Air zam-zam: Saat masih bayi Nabi Ismail Mampu mengeluarkan air dari tanah yang disebut Air Zam-Zam dengan kedua kakinya atas Izin Allah SWT.


  • Awal mula Qurban : Nabi Ismail diselamatkan oleh Alloh saat di sembelih oleh Bapaknya yaitu Nabi Ibrahim atas perintah Allah SWT. 
  • Hajar Aswad : nabi Ismail Mendapatkan Ilham menemukan batu dari Surga  saat membangun Ka'bah dan nabi Ibrahim meletakkannya di Ka'bah.
  • Menceraikan Istrinya : nabi Ismail juga Taat kepada perintah Bapaknya untuk menceraikan istrinya yang dianggapnya tidak bisa menerima nikmat dari Allah SWT.

Wallohua'lam Bisshowab

Itulah mukjizat nabi Ismail, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Mukjizat Nabi Ismail As Menurut Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel