Daftar Kabupaten dan Kota Terbesar di Pulau Papua

Berikut adalah daftar Kota Besar di Tanah Papua, yang terdiri dari Provinsi Papua dan Papua Barat, dideret berdasarkan pertimbangan luas wilayah perkotaan dan jumlah penduduknya.

Kuwaluhan.com

10. Enarotali, Kabupaten Paniai  

Berada di bagian barat Pegunungan Tengah, Kota Enarotali yang berada dekat dengan Danau Paniai ini memiliki luas wilayah kota sebesar 588 km persegi dengan jumlah penduduknya 19,241 jiwa.

9. Sentani, Kabupaten Jayapura

Terletak di antara kaki Gunung Cyclops dan Danau Sentani, Kota Sentani memiliki wilayah seluas 225 km persegi dengan jumlah penduduk 44.779 jiwa.

8. Biak, Kabupaten Biak Numfor

Kota Biak berada di selatan pulau yang dikenal sebagai Pulau Karang Panas, wilayah Kota Biak terdiri dari Distrik Biak Kota dan Samofa ini memiliki jumlah penduduk 78,770 jiwa.

7. Merauke, Kabupaten Merauke

Kota paling selatan wilayah Papua dan paling timur Indonesia ini memiliki luas wilayah 2,113 km persegi dengan jumlah penduduknya  87,635

6. Manokwari, Kabupaten Manokwari

Terletak di pantai utara daerah kepala burung Pulau Papua, Manokwari yang merupakan ibukota Provinsi Papua Barat juga memiliki nama julukan sebagai Kota Buah karena sebagian besar wilayahnya terdapat berbagai jenis buah yang melimpah seperti, Rambutan, Durian, Mangga, Jambu Air, Alpukat, Jeruk, Manggis, Pisang dan Matoa yang seringkali 'diimpor' ke seluruh wilayah Papua hingga Maluku.

Kota Manokwari memiliki luas wilayah 1.556 dengan jumlah penduduk sebesar 99.488 jiwa ini memiliki beberapa landmark dan obyek wisata seperti Tugu Injil di Pulau Mansinam, Teluk Doreri, Tugu Jepang, Bendungan Prafi dan Pantai Maruni. Beberapa hotel terkemuka antara lain Aston Niu Manokwari, Mansinam Beach Resort Hotel dan Swiss-Belhotel Hotel

5. Nabire, Kabupaten Nabire

Kota di selatan Teluk Cenderawasih ini merupakan kota yang memiliki luas kota 1270 km persegi, Nabire dengan penduduk sebanyak 109,502 jiwa.

4. Timika, Kabupaten Mimika

Menyandang sebutan Kota Emas, Timika merupakan pintu masuk menuju tempat beropearasinya perusahaan tambang terbesar di dunia Freeport McMoran di Distrik Tembagapura. Kota Timika memiliki luas 2,216 km persegi, dengan jumlah penduduk 118.100 jiwa.

3. Wamena, Kabupaten Jayawijaya

Kota yang berada di Lembah Baliem yang terletak di pegunungan tengah ini memiliki luas wilayah 1,005 km persegi dengan jumlah penduduk 199.557.

2. Kota Sorong

Kota di ujung barat wilayah Kepala Burung yang sering disebut sebagai Kota Minyak ini memiliki wilayah kota seluas 656 km persegi dengan penduduk 190,361 jiwa.

Landmark dan obyek wisata Kota Sorong antara lain Bangunan Peninggalan NNGPM, Tugu Selamat Datang, Tembok Dofior, Pantai Tanjung Kasuari, Kampung Moraid, Pantai Katatop, Pulau Doom Pulau Raam, Pulau Soop dan Mata Air Klaiji

1. Kota Jayapura 

Sebagai ibukota Provinsi Papua, Kota Jayapura memiliki luas 940 km persegi dari Distrik Waena hingga Jayapura Utara dengan jumlah penduduk 261.776 jiwa, konsentrasi perkotaan berada di Jayapura Utara, Entrop, Abepura dan Waena, dengan beberapa gedung bertingkat dengan pusat perbelanjaan dan hotel bertingkat seperti Swis-Bell Hotel, Gedung Bank Papua, Hotel Aston, Hotel Sahid, Hotel Matoa, Ramayana Abepura, Hotel Horizon, Saga Mall, Papua Trade Centre dan Multi Grosir.

Sedangkan landmark dan objek wisata di kota Jayapura antara lain Stadion Mandala, Patung Yos Sudarso, Polimak Atas, Skyland, Angkasa, Lingkaran Abepura, Pantai Base G, Pantai Hamadi, Pantai Gubernur Dok II, Teluk Youtefa, Perbatasan RI-PNG di Wutung, Pantai Holtekamp, Pemancingan Koya, Pantai Skow  dan Lapangan Golf Kodam XVII Polimak.

Belum ada Komentar untuk "Daftar Kabupaten dan Kota Terbesar di Pulau Papua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel