Daftar Kabupaten dan Kota Termiskin di Jawa Tengah

Angka Kemiskinan di suatu wilayah merupakan sebuah permasalahan yang menjadi sorotan banyak fihak, hal ini wajar mengingat bahwa sudah banyak upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mengurangi angka kemiskinan.


Banyaknya orang miskin membuat permasalahan sosial meningkat, kesenjangan sosial turut memicu timbulnya persoalan yang sangat kompleks di masyarakat.

Di wilayah Jawa Tengah ada beberapa kabupaten yang terbilang cukup maju, namun ada juga kabupaten yang angka kemiskinannya besar.
Berikut kita ulas Beberapa Kabupaten paling miskin di Jawa Tengah :

1. WONOSOBO


Kabupaten dengan angka kemiskinan tertinggi yaitu Kabupaten Wonosobo, Wonosobo adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Wonosobo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang di timur, Kabupaten Purworejo di selatan, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara di barat, serta Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal di utara.

Angka kemiskinan di kabupaten Wonosobo mencapai 22,02 persen.

2. KEBUMEN

Kabupaten termiskin selanjutnya adalah Kabupaten Kebumen, Kebumen merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Kebumen.

Angka kemiskinan di Kabupaten Kebumen mencapai 21,32 persen.

3. REMBANG

Selanjutnya adalah Kabupaten Rembang, Kabupaten ini merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Rembang. Kabupaten ini berbatasan dengan Teluk Rembang (Laut Jawa) di utara, Kabupaten Tuban (Jawa Timur) di timur, Kabupaten Blora di selatan, serta Kabupaten Pati di barat.

Angka kemiskinan di Rembang mencapai 20,97 persen.

4. BREBES

Kabupaten paling miskin selanjutnya Brebes, Kabupaten Brebes adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Luas wilayahnya 1.902,37 km², jumlah penduduknya sekitar 1.732.719 jiwa (2010). Ibukotanya ada di Kecamatan Brebes. Brebes merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk paling banyak di Jawa Tengah.

Angka kemiskinan di Brebes mencapai 20,82 persen.

5. PURBALINGGA

Kabupaten Purbalingga adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Purbalingga. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Pemalang di utara, Kabupaten Banjarnegara di timur dan selatan, serta Kabupaten Banyumas di barat dan selatan.

Angka kemiskinan di Purbalingga mencapai 20,53%.

6. PEMALANG

Kabupaten Pemalang  terletak di provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Kota Pemalang. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Pekalongan di timur, Kabupaten Purbalingga di selatan, serta Kabupaten Tegal di barat.

Angka kemiskinan di Kabupaten Pemalang mencapai 19,27%.

7. BANJARNEGARA

Kabupaten selanjutnya Banjarnegara, Banjarnegara terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Ibukotanya namanya juga Banjarnegara. Luas Wilayah Kabupaten Banjarnegara sekitar 106.970,997 ha.

Angka kemiskinan di Banjarnegara mencapai 18,71%.

Demikian urutan Kabupaten paling miskin yang terletak di Provinsi Jawa Tengah.

Belum ada Komentar untuk "Daftar Kabupaten dan Kota Termiskin di Jawa Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel