Daftar Kabupaten dan Kota Termaju di Jawa Barat


Provinsi Jawa Barat terdiri atas 18 kabupaten dan 9 kota. Ibu kotanya adalah Bandung. Di Jawa Barat juga Berdiri Banyak kota besar dan kota Metropolitan.

Kuwaluhan.com

Berikut kita akan membahas tentang Kota Paling Maju di Provinsi Jawa Barat Menurut Kemendagri, mari kita simak ulasannya :

1. BANDUNG

Kota paling Maju Pertama adalah Bandung, Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar di wilayah Pulau Jawa bagian selatan. Sedangkan wilayah Bandung Raya (Wilayah Metropolitan Bandung) merupakan metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jabodetabek.

Pada tahun 1990 kota Bandung terpilih sebagai salah satu kota paling aman di dunia berdasarkan survei majalah Time.
Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini, dan saat ini berangsur-angsur kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner. Dan pada tahun 2007, konsorsium beberapa LSM internasional menjadikan kota Bandung sebagai pilot project kota terkreatif se-Asia Timur.
Populasi Total sekitar 2,771,138 jiwa.

2. BEKASI

Kota ini merupakan bagian dari megapolitan Jabodetabek dan menjadi kota satelit dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Saat ini Kota Bekasi berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industri. Kota bekasi juga dijuluki sebagai Kota Patriot dan Kota Pejuang.
Populasi Total sekitar 2.984.871 jiwa.

3. DEPOK

Dahulu Depok adalah kota kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bogor, yang kemudian mendapat status kota administratif pada tahun 1982. Sejak 20 April 1999, Depok ditetapkan menjadi kotamadya yang terpisah dari Kabupaten Bogor.

Depok merupakan kota penyangga Jakarta. Ketika menjadi kota administratif pada tahun 1982, penduduknya hanya 240.000 jiwa, dan ketika menjadi kotamadya pada tahun 1999 penduduknya 1,2 juta jiwa. Di Kota Depok Berdiri Universitas Unggulan seperti Universitas Indonesia kecuali Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan sebagian Program Pasca Sarjana berada di wilayah Kota Depok.

4. CIREBON

Kota paling Maju ke-4 adalah Cirebon, Kota ini berada di pesisir utara Pulau Jawa atau yang dikenal dengan jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya. Cirebon menduduki peringkat ke empat dalam deretan Kota paling Maju di wilayah Jawa Barat Setelah Kota Depok.
Populasi  Total sekitar 1.315.875 jiwa.

5. BOGOR

Kota paling Maju selanjutnya adalah Bogor, Kota ini terletak 59 km sebelah selatan Jakarta, dan wilayahnya berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor. Dahulu luasnya 21,56 km², namun kini telah berkembang menjadi 118,50 km² dan jumlah penduduknya 1.030.720 jiwa. Bogor dikenal dengan julukan kota hujan, karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi.

Bogor telah lama dikenal dijadikan pusat pendidikan dan penelitian pertanian nasional. Di sinilah berbagai lembaga dan balai penelitian pertanian dan biologi berdiri sejak abad ke-19. Salah satunya yaitu, Institut Pertanian Bogor, berdiri sejak awal abad ke-20.

Kota Bogor memiliki banyak icon wisata, salah satunya Kebun Raya Bogor yang dikelilingnya mulai dijadikan sarana olah raga baru (Jogging) oleh warga Bogor semenjak walikota Bima Arya membenahi pedestrian di sekeliling Kebun Raya Bogor menjadi lebih lebar dan lebih menarik.

6. CIMAHI

Selanjutnya Cimahi, Kota ini terletak di tengah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Cimahi dahulu bagian dari Kabupaten Bandung, yang kemudian ditetapkan sebagai kota administratif pada tanggal 29 Januari 1976. Pada tanggal 21 Juni 2001, Cimahi sebagai kota otonom. 

Populasi Total sekitar 998.000 jiwa.

7. TASIKMALAYA

Kota Tasikmalaya adalah salah satu kota di ProvinsiJawa Barat. Kota ini termasuk Kota Terbesar di Jawa Barat, dan menempati urutan ke-7 dalam deretan Kota paling Maju di Wilayah Jawa Barat.

Perguruan tinggi di Kota ini adalah Universitas Siliwangi.
Populasi total sekitar 908.506 jiwa.

Itulah beberapa deretan Kota paling Maju di Provinsi Jawa Barat.
Kritik dan Saran langsung saja komentar di bawah.

Terima kasih

Belum ada Komentar untuk "Daftar Kabupaten dan Kota Termaju di Jawa Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel