Daftar Kabupaten dan Kota Terbesar di Sumatera


Sumatera merupakan pulau terpadat di Indonesia setelah pulau Jawa sekaligus pulau terbesar ke tiga setelah Kalimantan. Jumlah penduduk pulau Sumatera lebih dari 50 juta jiwa. Tidak heran kalau saat ini terdapat banyak kota besar di pulau Sumatera. Salah satunya adalah kota Medan yang merupakan kota terbesar keLima di Indonesia.

Berikut ini adalah rangkaian kota Paling Besar di Pulau Sumatera.
Mari kita simak ulasannya :

KOTA MEDAN

Medan merupakan ibukota provinsi Sumatera Utara. Seperti kita bahas sebelumnya, Medan adalah kota terbesar ketiga di Indonesia. Hanya Jakarta dan Surabaya kota-kota di Indonesia yang memiliki status lebih besar dibandingkan kota Medan. Dengan demikian, Medan merupakan kota terbesar untuk luar pulau Jawa. Populasi kota medan untuk tahun 2015 mencapai 2.210.624 jiwa.

KOTA PALEMBANG

Kota Palembang sering dijuluki sebagai kota pempek. Kota yang terkenal dengan jembatan ampera ini merupakan ibukota provinsi Sumatera Selatan. Populasinya pada tahun 2014 lalu tercatat 1.558.494 jiwa.

KOTA BANDAR LAMPUNG

Bandar Lampung merupakan ibukota provinsi Lampung. Kota ini terkenal sebagai pintu gerbang penghubung Sumatera dengan Jawa. Berdasarkan data tahun 2014, populasi kota Bandar Lampung adalah 1.251.642 jiwa.

KOTA BATAM

Dari segi geografis, kota Batam terpisah dari daratan Sumatera. Namun kota Batam sering dikategorikan sebagai bagian dari Sumatera. Selain posisinya berdekatan, dulu provinsi Kepulauan Riau yang merupakan provinsi tempat kota Batam berada, merupakan wilayah bagian dari provinsi Riau. Berdasarkan data tahun 2015, populasi kota Batam adalah 1.164.352 jiwa.

KOTA PEKANBARU

Pekanbaru adalah kota terbesar di Sumatera bagian tengah. populasi ibukota provinsi Riau ini pada tahun 2014 lalu tercatat 1.093.416.

KOTA PADANG

Untuk kawasan pantai barat Sumatera, Padang adalah kota terbesar. Ibukota Sumatera Barat ini memiliki populasi 1.000.096 jiwa berdasarkan data tahun 2014.

KOTA JAMBI

Kota Jambi merukan ibukota provinsi Jambi. Kota yang terkenal dengan sungai Batanghari ini memiliki populasi 750.857 jiwa berdasarkan data tahun 2015.

KOTA BENGKULU

Kota Bengkulu merupakan ibukota provinsi Bengkulu. Pada tahun 2012 lalu populasi kota Bengkulu tercatat 319.098 jiwa.

KOTA BANDA ACEH

Pada saat terjadi tsunami 2004 lalu, Banda Aceh merupakan salah satu kota yang paling parah mengalami kerusakan. Namun kota Banda Aceh terus bangkit dan tumbuh menjadi salah satu kota paling tertata di Sumatera. Ibukota provinsi NAD memiliki jumlah penduduk 249.282 jiwa berdasarkan data tahun 2013.

KOTA PEMATANG SIANTAR

Pematang Siantar merupakan kota terbesar kedua di Sumatera Utara setelah kota Medan. Berdasarkan data tahun 2010, Populasi kota Pematang Siantar adalah 240.780 jiwa.

Itulah beberapa Kota Terbesar di Pulau Sumatera.
Terima Kasih atas kunjungannya...!

Belum ada Komentar untuk "Daftar Kabupaten dan Kota Terbesar di Sumatera"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel